Usaha Fotocopy untuk Pemula

Usaha Fotocopy untuk Pemula

Posted on

Peluang usaha yang cukup menguntungkan namun memiliki pasar yang terbatas adalah bisnis fotocopy. Meskipun terbatas ruang lingkupnya, namun konsumen dari bisnis ini selalu ada. Meskipun bisnis ini terlihat mudah, namun dibutuhkan persiapan yang matang dan baik. Mengingat bisnis fotocopy ini bukanlah kebutuhan pokok seperti bisnis makanan yang banyak peminatnya, sehingga kamu harus memperhitungkan segmen pasar sebelum benar-benar memulai bisnis ini.

Bagi kamu yang masih pemula akan merintis bisnis ini, maka persiapkan dan rencanakan segala sesuatunya dengan baik, agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari. Lalu persiapan apa sajakah yang harus dilakukan bagi pebisnis pemula, agar usaha yang dilakukan nanti dapat berjalan dengan lancar.

Persiapkan Modal Usaha

Usaha Fotocopy untuk Pemula

Ketika akan memulai mendirikan suatu usaha, maka persiapan modal adalah hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Usaha fotocopy memiliki jumlah modal yang cukup besar dibandingkan jenis usaha lainnya. Selain membeli mesin fotocopy yang harganya jutaan, modal lain yang dibutuhkan adalah menyewa tempat usaha.

Harga mesin fotocopy berkisar antara 20 hingga 30 juta. Jika kamu telah memiliki tempat usaha sendiri, maka itu akan memangkas modal yang cukup besar di awal, sehingga dapat kamu gunakan untuk biaya operasional. Bagi kamu yang masih pemula, jangan terlalu memaksakan diri untuk langsung membuka usaha yang besar. Mulailah dengan 1 mesin fotocopy dulu misalnya, ketika nanti bisnis mulai berjalan dengan stabil maka kamu dapat menambah modal usaha dengan menambah mesin yang baru. Catat dan perhitungkan apa saja yang kamu butuhkan secara terperinci, agar tidak terjadi kekurangan modal ditengah kamu menjalankan usaha.

Baca juga : Perbedaan CV dan PT

Memilih mesin fotocopy yang tepat dan berkualitas

Agar bisnis fotocopy yang akan kamu rintis dapat berjalan baik dan lancar, maka persiapkan mesin fotocopy yang memiliki kualitas baik. Ada berbagai macam jenis merk mesin fotocopy yang dijual dengan berbagai spesifikasi menarik. Seperti misalnya mesin fotocopy multifungsi yang dapat digunakan fotocopy, scanner, printing, dan lain-lain. Mesin dengan kualifikasi seperti ini sudah tentu memiliki harga yang mahal.

Jika modal yang kamu miliki masih terbatas, maka belilah mesin fotocopy analog yang memiliki kualitas baik terlebih dahulu, dan jika nanti usaha sudah berjalan dengan stabil dan lancar, maka kamu dapat menambah 1 buah mesin fotocopy multifungsi.

Memilih lokasi usaha yang strategis

Dalam bisnis fotocopy, lokasi yang strategis sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha kedepannya. Pilihlah lokasi usaha yang dekat dengan sekolah, universitas, atau daerah perkantoran. Karena para pelajar, mahasiswa, dan para pekerja kantoranlah yang banyak membutuhkan jasa fotocopy kamu. Jika lokasi usaha jauh dari tempat-tempat tersebut, maka kemungkinan bisnis jasa fotocopymu akan sepi, karena kebutuhan masyarakat akan jasa fotocopy tidak terlalu tinggi.

Memberikan pelayanan yang memuaskan kepada para pelanggan

Pelayanan yang ramah dan menyenangkan akan memberi kesan positif yang dapat menarik minat para pelanggan. Berikanlah pelayanan yang tepat dan cepat agar para pelanggan tak segan untuk kembali memakai jasa fotocopy kamu.

Lakukan promosi yang menarik

Setiap usaha pasti membutuhkan sebuah promosi yang bertujuan untuk mendatangkan konsumen atau pelanggan. Meskipun lokasi usaha fotocopy strategis, namun kamu tetap membutuhkan promosi untuk memperkenalkan usaha fotocopy mu.

Ada beberapa langkah promosi yang dapat kamu lakukan diantaranya memasang spanduk ukuran besar, yang bertujuan untuk menarik perhatian orang-orang yang melihat. Kamu juga dapat melakukan promosi di media-media sosial yang kamu miliki, misal dengan membuat akun khusus bisnis fotocopy yang kamu miliki dengan semenarik mungkin.

Selain beberapa hal diatas, yang harus kamu perhatikan ketika akan memulai usaha ini adalah penentuan harga yang terjangkau, pembukuan pemasukan dan pengeluaran yang rinci, merencanakan bisnis dengan sangat matang, serta menjalin relasi yang baik dengan para pelanggan, merupakan hal-hal penting yang harus kamu pikirkan dengan baik untuk kelangsungan bisnis fotocopy ke depan.

Yuk.. temukan juga artikel menarik lainnya di pediansa