Tata Cara Memilih Jasa Aqiqah Jakarta Selatan Sesuai Sunnah

Tata Cara Memilih Jasa Aqiqah Jakarta Selatan Sesuai Sunnah

Posted on

Bagi Anda yang beragama Islam, melaksanakan aqiqah tentu saja merupakan suatu sunnah yang lebih baik dilaksanakan segera begitu si buah hati lahir ke dunia. Adapun tata caranya sudah disunnahkan oleh Rasulullah dan Anda tinggal mengikutinya. Lalu, bagaimana jika ingin memakai jasa aqiqah? Adakah jasa aqiqah Jakarta Selatan yang sesuai sunnah untuk dipercaya mengelola acara Anda? Tenang saja, yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

Tata Cara Aqiqah Sesuai Sunnah

Tata Cara Memilih Jasa Aqiqah Jakarta Selatan Sesuai Sunnah

Dalam melaksanakan aqiqah, sekarang ini sudah banyak orang yang memilih menggunakan jasa aqiqah sesuai sunnah untuk menyelenggarakan acara. Selain tidak ribet, keabsahan aqiqah juga lebih tertata dan terjaga. Bagi Anda warga Jakarta Selatan, tidak ada salahnya Anda mencoba mencari jasa aqiqah Jakarta Selatan yang sesuai sunnah juga. Lalu, bagaimana tata caranya yang dimaksud?

  • Menyembelih Kambing

Tata cara aqiqah yang pertama adalah Anda harus menyembelih kambing. Adapun kambing yang disembelih untuk anak perempuan dan anak laki-laki berjumlah berbeda. Menurut syariat, anak perempuan cukup disembelihkan 1 kambing saja sedangkan anak laki-laki disunnahkan 2 kambing. Namun aturan ini tidak bermaksud memberatkan orang tua sehingga ketika Anda belum mampu, maka pelaksanaan aqiqah sebaiknya didasarkan pada kemampuan Anda.

  • Daging Dimasak Sebelum Dibagikan

Tata cara aqiqah yang kedua adalah Anda harus memasak daging tersebut sebelum membagikannya. Hal ini sesuai tulisan Imam Al-Baghawi dalam Kitab Atahzib dimana sebaiknya daging dimasak dan nantinya diantarkan kepada orang fakir.

  • Memakan Sebagian Daging Bersama Keluarga Sebelum Dibagikan

Tata cara aqiqah yang ketiga adalah Anda harus menyantap olahan daging tersebut bersama keluarga sebelum membagikannya. Ada banyak opsi dimana Anda bisa membagikan daging, misalnya saja kepada sesama keluarga muslim, kepada tetangga, atau kepada fakir miskin.

  • Mencukur Rambut dan Memberi Nama

Tata cara aqiqah yang berikutnya adalah Anda disunnahkan mencukur rambut dan memberi nama si buah hati. Berilah nama yang baik agar nantinya nama tersebut dapat menjadi perwujudan iman dan taqwa anak Anda kepada Allah SWT.

Demikian ulasan mengenai tata cara aqiqah yang dilakukan sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Bagi Anda yang ingin menemukan jasa aqiqah sesuai sunnah, Anda tidak perlu bingung. Cukup cari saja di google dan pilih yang paling sesuai dengan standar Anda. Semoga ulasannya bermanfaat.