Auto Draft

Penyebab AC Mati Total dan Solusinya

Posted on

Jakarta merupakan kota yang terkenal akan cuaca panasnya. Bagaimana tidak, sepanjang hari entah siang atau malam pasti terasa panas. Tak heran jika keberadaan AC di kota ini tak akan bisa dihilangkan. Penggunaan AC sendiri dapat menambah tingkat kenyamanan pada ruangan baik itu saat tidur atau pun bekerja.

Penggunaan Ac yang menambah kenyamanan ini juga tak bisa dilakukan secara asal begitu saja. mengingat AC merupakan perangkat yang cukup rewel saat penggunaan. Kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada AC.

Hal tersebut berujung pemanggilan jasa service AC Jakarta. Salah satu masalah yang kerap muncul adalah Ac yang mati total. Berikut solusi Ac mati total yang bisa Anda lakukan.

Auto Draft

Memeriksa MCB Listrik

Cara pertama yang bisa dilakukan ketika AC mati total sebelum memanggil jasa service AC Jakarta adalah mengecek MCB pada AC. Hal ini begitu penting mengingat MCB listrik sangat berpengaruh terhadap AC. MCB berperan untuk menghubungkan arus listrik antara AC dengan listrik PLN. Sehingga jika MCB mati, maka AC tidak akan nyala.

Periksa Kabel Power Supply Yang Putus

Solusi lain yang bisa digunakan saat AC mati total adalah memeriksa kabel power supply yang putus. Langkah ini bisa dilakukan ketika MCB Anda masih nyala namun ac mati total. Pemeriksaan ini dilakukan meliputi seluruh kabel PLN menuju unit AC Anda. jangan lupakan juga bagian stop kontaknya jika menggunakan stop kontak pada Ac.

Anda harus memastikan jika tidak ada kabel yang putus atau pun gosong. Cara ini bisa dilakukan menggunakan test pen untuk memastikan arus listrik pada AC masuk dengan sempurna. Pastikan juga tegangan listrik yang ada sama dengan spesifikasi pada AC Anda.

Memeriksa Bagian PCB Modul

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi Ac mati total adalah dengan memeriksa bagian PCBnya. Bagian ini merupakan komponen yang berfungsi untuk mengontrol kerja unit pendingin ruangan.

Komponennya begitu komplek mulai dari yang kecil hingga besar. Sehingga jangan dilakukan jika Anda tidak menguasai elektronika. Hubungi tukang service jika ingin mengecek bagian ini. pasalnya, kesalahan sedikit saja dapat menyebabkan kerusakan Ac menjadi bertambah parah.

Solusi-solusi di atas bisa dilakukan sendiri namun memerlukan kewaspadaan penuh. Pasalnya, jika salah-salah dalam memilih dan melakukan maka dapat berakibat fatal pada AC dan juga keselamatan diri Anda. penting untuk memastikan jika perbaikan dilakukan oleh tim yang tepat agar masalah tidak semakin gawat.