Motif Ukiran Kayu Dan Penjelasannya

Motif Ukiran Kayu Dan Penjelasannya

Posted on

Ukiran merupakan ornamen atau ragam hias yang banyak digunakan ke bidang kayu, seperti halnya patung, ukiran di kursi dan lain sebagainya. Berbagai motif ukiran kayu dari motif berbagai wilayah di indonesia banyak dijumpai dan ditemukan di pasaran.

Setiap wilayah yang mempunyai kerajinan ukiran memiliki motifnya sendiri-sendiri sesuai dengan latar belakang sejarah adat istiadatnya, oleh karena itu memiliki ciri khas masing-masing dari setiap hasil ukiran yang dipahat dan menjadi sebuah produk yang menarik dan memiliki nilai seni tinggi.

Setiap hasil ukiran kayu pasti memiliki keunikan tersendiri, dari kehalusan, kedalam serta kreatifitasnya, semua ukiran di kayu dibuat untuk menambah seni di setiap produk mebel, namun ada juga yang memang kayu dipahat menjadi sebuah patung utuh yang besar.

Motif Ukiran Kayu Dan Penjelasannya

Dibawah ini adalah beberapa contoh motif ukiran

1. Motif Ukiran Jepara

Motif jepara kalau dilihat memiliki motif daun dan tangkai yang lembut dan halus, dimana ukirannya tidak begitu kasar dan tajam. Hal ini bisa dilihat di ukiran yang ada di produk mebel, seperti kursi, lemari dan juga meja. Anda bisa membedakan dengan motif lainnya.

2. Motif Ukiran Bali

Untuk motif bali biasanya memiliki ukiran motif patung dan krawang. Dengan desain yang komplek serta lama dalam prosesnya, biasanya ukiran bali banyak menampilkan karakter cerita mahabarata dengan cerita kuno.

3. Motif Ukiran Dayak

Untuk motif ini malah hanya coretan dan patung cerita kisah legendanya, banyak di warna-warni ukirannya, biasanya produk ini digunakan untuk menghias bagian bagian dari rumah mereka. Namun seiring berkembangnya zaman banyak yang dijual menjadi aksesoris.

Untuk anda yang berminat memesan produk mebel ukiran jepara bisa ke https://dewamebel.com/ banyak sekali berbagai produk furniture yang kami jual. Seperti lemari pakaian ukir, meja makan ukir, kursi makan ukir, meja jati ukir dan lainnya. Anda juga bisa custom sesuai dengan yang anda mau dari segi bahan baku, ukiran dan juga warna finishingnya sesuai dengan keinginan anda.

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai motif ukiran kayu yang ada di indonesia, masih banyak motif lainnya yang bisa anda pelajari.