Mengenal Apa Itu Konten Kreator

Mengenal Apa Itu Konten Kreator

Posted on

Konten Kreator adalah sebuah pekerjaan (profesi) yang tugas utamanya membuat atau memproduksi sebuah konten, yang dimaksud konten itu bisa berupa tulisan, gambar, suara, animasi, aplikasi atau video.

Profesi ini mungkin tidak tercantum di KTP, karena KTP hanya menjelaskan pekerjaan secara umum setiap orang, misalnya wiraswasta, tapi tidak jelas kan apa wiraswastanya itu ? contoh lagi, di KTP tertulis pekerjaan guru atau pedagang, tapi tidak jelas kan sebagai guru apa dan pedagang apa ?

Mengenal Apa Itu Konten Kreator

Nah.. bekerja sebagai konten kreator ini mungkin tidak atau belum tercantum di KTP, tetapi pekerjaannya memang real adanya.

Contoh pekerjaan sebagai konten kreator :

Menjadi Youtuber

Youtuber ini salah satu contoh pekerjaan yang termasuk konten kreator, kenapa demikian ? ya jelas karena profesi ini tugas utamanya memproduksi konten-konten berupa video. Dari proses rekaman, editing hingga upload dapat dilakukan sendiri oleh seorang youtuber.

Profesi ini mulai dilirik dan diminati oleh kalangan milenial, meskipun orang yang sudah tua pun banyak yang menjadi youtuber.

Buat kamu yang kreatif dan percaya diri, sangat cocok jadi youtuber.

Menjadi Blogger

Kalau youtuber memproduksi konten video, maka blogger tugas utamanya memproduksi konten tulisan. Menulis artikel-artikel yang bermanfaat untuk orang lain. Itulah sebabnya kenapa saat kamu mencari sesuatu di google, ada saja yang membahas. Ada artikel yang bertebaran dimana-mana kan ?

Pernahkah kamu berpikir siapa yang menulis sebanyak itu di google ? Yup’s mereka adalah para konten kreator bidang tulisan. Sama seperti saat kamu mencari sesuatu di youtube, ada video nya juga kan ? itulah peran para konten kreator bidang video.

Melalui dua jenis konten ini, video dan tulisan, kita bisa mengenal apa itu google.

Jadi, di belakang google itu ada mereka konten kreator yang bekerja siang malam memproduksi konten, dan hasil akhirnya, karya mereka bisa dinikmati oleh banyak orang melalui halaman pencarian google.

Buat kamu yang suka menulis, cocok banget jadi blogger.

Siapa yang membayar para konten kreator di google ?

Yang perlu sobat pahami, bahwa tidak semua konten kreator itu mendapatkan bayaran. Hanya mereka yang menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan yang akan mendapatkan bayaran.

Contohnya jika sobat memasang iklan dari google (adsense), tentu akan dapat bayaran jika sudah mencapai ambang batas aturan yang telah ditetapkan (sekitar $100).

Bagi mereka yang hanya memproduksi konten baik tulisan maupun video, tetapi tidak dimonetisasi, ya tidak akan mendapatkan bayaran.

Sumber pendapatan konten kreator itu tidak hanya iklan, bisa juga dari jasa penjualan produk atau jasa pembuatan konten.

Jadi gimana sob ? Apakah kamu sudah paham apa itu konten kreator ?

Demikian informasi tentang apa itu konten kreator, semoga bermanfaat ya sob.. kunjungi juga kangmasian.com, blog inspiratif yang membahas seputar teknologi.