Manakah yang Lebih Baik di Antara Sabun Anti Kuman Batangan dengan yang Cair?

Manakah yang Lebih Baik di Antara Sabun Anti Kuman Batangan dengan yang Cair?

Posted on

Perlu diketahui sebelumnya bahwa sabun anti kuman dibuat dari bahan khusus yang bisa dipakai untuk membunuh kuman menempel di permukaan kulit. Bentuk sabun ini pun beragam, mulai dari bentuk cair hingga batangan.

Meskipun sama-sama berupa sabun, namun banyak orang yang masih bertanya-tanya sebaiknya memilih sabun Batangan atau cair. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang pemilihan sabun.

Manakah yang Lebih Baik di Antara Sabun Anti Kuman Batangan dengan yang Cair?

Sabun Anti Kuman Batang atau Cair?

Tubuh Anda dapat terpapar berbagai jenis kotoran dan bakteri setiap harinya, sehingga Anda akan membutuhkan sabun untuk membunuh bakteri bakteri bandel yang menempel kuat pada permukaan kulit. Hal itu karena membilas badan menggunakan air saja tidak akan cukup.

Oleh sebab itu, banyak orang memilih memakai sabun anti kuman bertujuan untuk memberikan perlindungan lebih kepada tubuhnya. Ada beberapa pertimbangan dari segi medis yang perlu Anda ketahui mengenai pemilihan jenis sabun. Informasi tersebut yaitu:

  • Elaine L. Larson, PhD. yang merupakan dosen epidemiologi di Universitas Columbia menjelaskan pendapatnya tentang sabun anti kuman. Ia menjelaskan bahwa kuman dapat menempel pada berbagai tempat, bahkan juga pada sabun yang ada di rumah.

Tapi sabun batang memiliki kemungkinan terpapar kuman lebih besar jika dibandingkan dengan sabun cair yang ditempatkan pada suatu wadah tertutup. 

  • Sabun Batangan biasanya dipakai secara langsung, yaitu dengan meletakkan sabun di tangan. Hal ini akan memungkinkan perpindahan kuman berasal dari tangan menuju ke sabun. Kemudian wadah sabun cair pun sering terendam air, sehingga membuatnya menjadi tempat kuman berkembangbiak.

Selain itu, membuatnya berubah menjadi lembab. Bisa dikatakan bahwa sabun kuman akan lebih mudah berpindah ke sabun batangan.

  • Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir tentang penggunaan sabun batang. Kuman yang menempel pada sabun batang biasanya lemah, sehingga terdapat kemungkinan kecil menjadi penyebab seseorang terserang atau mengalami infeksi kulit.

Sabun cair pun mungkin dapat menjadi pilihan terbaik, jika mengingat tentang kemungkinan perpindahan kuman. Tapi jika Anda mempunyai masalah pada lemahnya sistem imun, maka memilih sabun cair adalah pilihan tepat.

Pemilihan sabun berbentuk cair atau batang bisa menyesuaikan kebutuhan, mengingat masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Agar tetap aman, cuci wadah sabun cair secara berkala dan pastikan tetap kering. Sedangkan untuk penggunaan sabun batang, pastikan cuci tangan terlebih dahulu sebelum Anda memegangnya.