Khasiat Temulawak untuk Resep Herbal Kanker Hati

Khasiat Temulawak untuk Resep Herbal Kanker Hati

Posted on

Kanker hati termasuk jenis kanker yang mematikan. Dan banyak pilihan terapi medis tidak sepenuhnya efektif menghentikan perkembangan dari jenis kanker ini. Namun ternyata ada herbal alami yang bisa membantu proses penyembuhan. Dengan memanfaatkan khasiat temulawak, berikut informasi lengkap resep herbal kanker hati yang dikutip dari deherba.com.

Bagaimana Sebenarnya Khasiat Temulawak untuk Kanker Hati?

Khasiat Temulawak untuk Resep Herbal Kanker Hati

Dalam temulawak ditemukan adanya unsur senyawa aktif xanthorrhizol (XNT). Senyawa ini terbukti klinis memiliki sejumlah sifat seperti anti-mikroba, antioksidan, anti-inflamasi, anti-hiperglikemik, hepatoprotektif, anti-hipertensif, anti-platelet, anti-kanker, nefroprotektif, estrogenik, dan anti-estrogenik.

Senyawa XNT ini telah lolos uji memiliki khasiat anti proliferasi dan anti tumor. Sebagaimana diuraikan dalam review Cancer Cell International tahun 2015. Ini membantu mencegah terjadinya perbanyakan sel dan duplikasi sel yang masif.

Selain itu, dalam Pharmaceutical Medicine Review tahun 2018 dijelaskan ada pengaruh khusus bagaimana unsur XNT ini bekerja pada kanker hati.  Senyawa ini membantu proses apoptosis dan menginduksi proses pelepasan selubung protein yang sifatnya sebagai pertahanan sel kanker.

Dalam Scientific World Journal tahun 2014, diungkap bahwa senyawa dalam temulawak sangat baik membantu menurunkan level toksin dalam hati, membantu memperbaiki kerusakan sel dalam hati dan efektif mengatasi peradangan dan kerusakan sel. Termasuk pula efektif sebagai anti kanker hati.

Resep Herbal Kanker Hati

Untuk bisa mendapatkan khasiat dari temulawak dengan tepat, diperlukan pengolahan dan perpaduan yang tepat. Inilah kemudian dikenal resep herbal kanker yang  memadukan sejumlah komponen herbal lain dengan temulawak.

Unsur herbal ini akan membantu kinerja temulawak dan membantu membuat rasa ramuan lebih nyaman di lidah. Adapun unsur herbal lain dalam resep herbal kanker hati antara lain daun saga, temu putih, daun meniran dan daun sambiloto.

Yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan resep herbal kanker hati ini adalah dengan merebus semua bahan dalam potongan kecil-kecil. Kemudian dipanaskan dengan air sebanyak 3 gelas. Setelah mendidih dan tersisa 1 gelas Anda bisa mengangkat dan menyaringnya. Konsumsi dengan tambahan gula batu atau madu biasanya baik untuk kebugaran.

Dalam resep herbal kanker hati ini juga ditemukan sejumlah unsur herbal selain temulawak. Yakni daun saga, temu putih daun meniran dan daun sambiloto. Apa sebenarnya peran herbal-herbal tersebut untuk penyembuhan kanker hati?

Menurut Journal of Venomous Animals and Toxins Including Tropical Disease tahun 2019, temu putih atau Curcuma zedoaria terbukti memiliki efek hepaproteksi. Juga sebagai antioksidan yang efektif mencegah perkembangan kanker. Juga sebagai unsur sitotoksin yang bekerja sebagai anti proliferasi dan sekaligus bekerja melemahkan nukleus sel kanker.

Sementara daun saga terbukti mengandung vitamin C dalam jumlah besar juga unsur flavonoid, polifenol, glutationa, alfa-tokoferol serta beta-karoten. Ini semua adalah unsur anti oksidan yang dapat bekerja sebagai anti kanker. Hal tersebut dipertegas dalam review Journal of Chytotechnology tahun 2013.

Pada informasi lain yang diungkap pada World Journal of Gastroenterology tahun 2012 diungkap pula fakta mengenai manfaat meniran atau Phyllanthus urinaria  terhadap kesehatan hati. Senyawa ini terbukti baik menurunkan level toksin dalam hati. Terapi dengan meniran juga terbukti menurunkan intensitas pertumbuhan sel kanker pada hati.

Terakhir adalah bagaimana peran daun sambiloto terhadap penyembuhan kanker hati. Penambahan daun sambiloto dan resep herbal kanker hati akan membantu meningkatkan penyerapan temulawak. Herbal dengan nama lain Andrographis paniculata ini mengandung unsur andrographolide yang juga akan bekerja sebagai sitotoksin terhadap sel kanker.

Memadukan keempat unsur herbal ini dengan temulawak akan meningkatkan pemanfaatan khasiat temulawak pada resep herbal kanker hati. Membantu meningkatkan efektivitas terapi dalam proses penyembuhan.