Auto Draft

Ketahui Tentang Kelebihan dan Kekurangan Router OS Mikrotik

Posted on

Pada sebuah jaringan komputer tentu saja selalu ada sumber atau jantung yang berperan sebagai sebuah perangkat lunak atau software sistem operasi. Perangkat yang dimaksud di sini adalah mikrotik.

Pada dasarnya mempunyai 2 jenis dan selanjutnya bisa dijadikan sebagai sebuah alat yang menghubungkan atau menyambungkan jaringan atau koneksi internet ke berbagai perangkat yang kamu gunakan.

Dalam hal ini ada banyak orang yang mempunyai pertanyaan, apa saja kelebihan dan juga kekurangan yang ada pada router OS mikrotik?

Oke, kita akan membahasnya secara lengkap. Namun, perlu kamu tahu bahwa router OS ini merupakan sebuah sistem operasi (software) yang ada pada mikrotik dan bisa dipakai supaya perangkat bisa terhubung ke jaringan internet.

Auto Draft

Oleh karena itu, peranan dari router ini sangatlah penting dan yang lebih menariknya adalah penggunaan dari router OS ini sangat mudah bahkan bagi pemula sekalipun.

Kelebihan dan Kekurangan Router OS Mikrotik

Sebuah sistem atau software atau perangkat lunak yang dibuat oleh manusia tentu saja mempunyai kelebihan dan juga kekurangan di dalamnya, termasuk pada router OS mikrotik.

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan router OS mikrotik, yaitu sebagai berikut:

1. Sangat Mudah Digunakan

Ya, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa, perangkat router OS mikrotik ini sangat mudah digunakan bahkan bagi yang masih pemula sekalipun.

Bagi kamu yang masih pemula atau masih awan di dunia teknologi jariangan tentu saja kamu akan sangat merasa kebingungan dengan router.

Nah, dengan dibuatnya atau diciptakannya router OS mikrotik ini tentu saja menjadi sebuah solusi yang sangat baik bagi kamu yang masih pemula di dalam teknologi jaringan.

Hal ini dikarenakan penggunaan dari router OS mikrotik ini sangat mudah untuk dilakukan. Pada dasarnya penggunaan dari router OS ini hampir sama seperti penggunaan aplikasi yang biasanya kamu gunakan.

Apabila kamu ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang router, seperti alamat IP router, merek router, seri router, spesifikasi router, dan lain sebagainya, maka kamu bisa mengunjungi situs routerku.com. Ya, ini merupakan salah satu situs terbaik dan mungkin satu-satunya yang membahas tentang router.

2. Harga Terjangkau Kualitas Baik

Jenis router OS mikrotik memang dikenal sebagai router yang ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis router lainnya.

Hal tersebut karena router jenis ini hanya berupa software yang perlu kamu install, sehingga tidak membutuhkan berbagai macam alat tambahan lainnya.

Walaupun mempunyai harga yang bisa dibilang terjangkau, tetapi kualitas yang ditawarkan dari router jenis ini sangat baik dan tentu saja bisa bersaing dengan router jenis lainnya.

3. Tidak Menangani Jaringan Skala Besar

Ya, salah satu kelemahan yang ada pada router jenis ini adalah router ini belum bisa menjangkau area atau wilayah yang lebih luas lagi.

Hal ini tentu saja merupakan salah satu faktor yang sangat diperhatikan bagi para calon pembeli router. Tetapi jika jangkauan yang ada pada router ini tidak masalah bagi kamu, maka router ini merupakan salah satu jenis router yang paling efisien.

Hal ini bisa terjadi karena pihak mikrotik belum mendapatkan izin atau lisensi resmi internasional seperti cisco. Tentu saja hal ini tidak cocok bagi kamu yang membutuhkan jaringan internet dengan jangkauan wilayah yang luas.