Auto Draft

Ketahui Tentang 3+ Ide Bisnis untuk Milenial dan Gen Z

Posted on

Generasi milenial dan Gen Z dianggap susah untuk meraih kesuksesan, karena mereka menginginkan pekerjaan instan. Hal ini dikarenakan generasi milenial dimanjakan oleh teknologi. Namun pada kenyataan, hidup berdampingan dengan teknologi akan lebih mudah dalam mendapatkan ide bisnis yang mungkin belum ada sebelumnya.

Generasi milenial dan Gen Z memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki generasi sebelumnya, antara lain :

  • Lebih paham dan bisa menggunakan teknologi
  • Pekerjaan sesuai passion
  • Open minded
  • Lebih update teknologi
  • Lebih berani membuat sistem baru

Seharusnya mereka lebih bisa dan mampu membangun bisnis dengan mudah.

Nah, untuk lengkapnya simak penjelasan berikut dan kunjungi situs mastahbisnis.com untuk mendapatkan informasi seputar bisnis.

Auto Draft

Pengertian Millennial dan Gen Z

Milenial atau bisa disebut dengan Gen Y adalah generasi yang lahir antara tahun 1980 sampai 1995. Sedangkan Gen Z adalah generasi yang lahir antara tahun 1996 sampai 2010. Artinya mereka lahir dan tumbuh di era serba digital yang sedang berkembang pesat.

Ide Bisnis Millennial dan Gen Z

Berikut adalah ide bisnis yang dapat dijalankan oleh milenial dan Gen Z, antara lain :

  • Web Developer

Web developer adalah suatu pekerjaan yang memiliki tugas membuat website dan aplikasi web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jasa ini biasanya dibutuhkan oleh toko online, startup, perusahaan baik perusahaan kecil maupun yang sudah besar, dan lain lain.

Pekerjaan ini sangat berpeluang besar di era digital ini. Pasalnya, sekarang hampir semua bisnis mengandalkan website sebagai media marketing.

Untuk menjadi developer yang handal, setidaknya memiliki beberapa skill yang harus dikuasai. Antara lain bahasa pemrograman (PHP, JavaScript, Java, Phyton, dan lain lain), pengelolaan database, pengetahuan teknis mengenai server, framework, CSS, dan lain lain.

Untuk penghasilan yang didapat oleh karyawan di perusahaan dibidang ini, sekitar 6 sampai 8 juta rupiah per bulan. Namun apabila freelance atau solo karir, potensi memiliki penghasilan 10 juta rupiah ke atas terbuka luas.

  • Web Designer

Selain web developer, menjadi seorang web designer juga recomended untuk generasi milenial dan Gen Z. Web designer adalah pekerjaan yang memiliki tugas membuat tampilan web menjadi menarik.

Pekerjaan ini masih berpotensi besar untuk berkembang. Karena sebuah bisnis membutuhkan web designer untuk merubah tampilan website agar menarik dan terlihat professional.

Jenis pekerjaan ini biasanya berkaitan dengan estetika website seperti tipografi, keseimbangan warna, komposisi, ilustrasi, dan lain lain.

Untuk menjadi seorang web designer, setidaknya memiliki skill khusus, diantaranya adalah bahasa pemrograman, HTML, CSS, framework CSS, aplikasi editing dan desain, visual design, user experience, visual design, CMS, dan lain lain.

Penghasilan yang dapat diperoleh apabila menjadi karyawan di bidang ini, sekitar 4 sampai 6 jutaan per bulan. Namun apabila freelance  yang profesional, penghasilan yang bisa dikantongi bisa sampai puluhan juta.

  • Blogger

Blogging adalah pekerjaan yang fleksibel dan cocok untuk milenial dan Gen Z. Sebelum memulai pekerjaan ini, setidaknya harus menguasai skill berikut ini agar bisa berkembang dengan cepat. Skill tersebut diantaranya dapat menulis dengan lugas, kreatif, memahami teknik SEO, menguasai teknik riset keyword, pandai menganalisa keyword yang memiliki CPC tinggi, dan lain lain.

Cara blogger mendapatkan uang adalah melalui endorsement, sebagai tempat jualan, ataupun Google Adsense. Penghasilan yang didapat tidak tentu, mulai dari yang hanya ratusan ribu per bulan hingga puluhan atau ratusan juta perbulan.