Jangan Sepelekan! Inilah Cara Agar WC Tidak Mampet

Jangan Sepelekan! Inilah Cara Agar WC Tidak Mampet

Posted on

Kadang, banyak orang menyepelekan kebersihan di area kamar mandi atau WC. Bahkan tidak sedikit yang berperilaku seenaknya sehingga WC mudah mampet, akhirnya Anda perlu bantuan sedot WC untuk mengatasinya.

Padahal jika bisa merawat kebersihan WC Anda akan merasa lebih nyaman dan bersih. Kebersihan di area WC atau yang lainnya merupakan kunci kesehatan bagi sebuah rumah atau lingkungan.

WC mampet atau kotor justru akan menimbulkan benih-benih penyakit terutama bau tidak sedap yang mengganggu.

Jangan Sepelekan! Inilah Cara Agar WC Tidak Mampet

Cara Agar WC Tidak Mampet

WC Mampet biasanya disebabkan oleh perilaku para penghuni rumah. Kebiasaan buruk membuang beberapa sampah ke dalam toilet akan menyebabkan mampet. Kalau sudah mampet, mau tidak mau harus mencari jasa sedot WC Depok murah untuk menyelesaikan persoalan.

  • Kenali benda yang tidak boleh dibuang ke dalam WC

Apapun jenis sampahnya, sebaiknya tidak dibuang ke dalam WC. Meskipun Anda berpikir bahwa sampah tersebut mudah lunak atau hancur. Misalnya tisu, meski secara kasat mata mudah hancur tapi banyak kasus WC mampet disebabkan tisu.

Selain tisu, pembalut juga dilarang dibuang ke dalam WC karena akan sulit terurai oleh mikroba yang ada di dalam septic tank.

  • Tekan tombol flush secara penuh

Biasakan tekan tombol flush secara penuh agar air yang keluar bisa lebih sempurna. Tak hanya itu dorongan yang diberikannya akan membuat kotoran mengalir dengan mudah dan dibersihkan.

Menekan tombol flush setengah-setengah akan membuat aliran airnya kurang sempurna sehingga menyisakan kotoran.

  • Bersihkan WC secara berkala

Kondisi WC yang terawat akan menciptakan kesan bersih dan nyaman, untuk itulah harus melakukan perawatan secara berkala. Hindari WC yang berlumut karena akan membuat proses flushing jadi lebih sulit, kotoran akan tetap menggenangi WC.

  • Penggunaan bahan kimia

Pembersih berbahan kimia memang dibutuhkan untuk membersihkan kotoran pada saluran pembuangan WC. Terutama bagi WC yang memiliki kemampuan untuk membuang kotorannya jadi melambat.

Sayangnya, Anda perlu memperhatikan penggunaan bahan kimia seperlunya. Hindari jumlah yang berlebihan karena akan membunuh berbagai mikroba pengurai kotoran yang ada di dalam septic tank.

 

Jika hal-hal di atas sudah dilakukan, namun kondisi WC tetap penuh mungkin Anda perlu menghubungi sedot WC untuk mengatasinya.