Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memelihara Ikan Oscar

Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memelihara Ikan Oscar

Posted on

Memiliki hewan peliharaan memang menjadi salah satu hal yang bisa memberikan berbagai manfaat. Manfaat yang dirasakan oleh para pemelihara hewan biasanya lebih berkaitan dengan kondisi mental dari sang pemelihara.

Banyak orang yang mengaku jauh lebih rileks setelah memelihara hewan yang disukai. Salah satu jenis hewan yang banyak dipelihara adalah ikan hias. Ada berbagai ikan hias yang dipelihara karena dinilai memiliki penampilan yang menarik, salah satunya adalah ikan Oscar.

Hewan air ini merupakan jenis spesies ikan yang berasal dari wilayah Amerika Selatan tepatnya di sungai Amazon. Ikan ini memiliki kelebihan yaitu bisa mudah beradaptasi di berbagai jenis air sehingga banyak dipelihara di berbagai negara termasuk Indonesia.

Meski mampu beradaptasi dengan mudah di berbagai perairan, namun Anda tetap harus merawat hewan ini dengan teliti agar hewan air ini tetap memiliki tampilan yang menarik dan kondisi tubuh yang sehat. Adapun hal yang perlu diperhatikan saat memelihara ikan Oscar diantaranya :

  • Ukuran akuarium
  • Jenis pakan
  • Kualitas air

Ikan hias yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar. Hal ini mengharuskan Anda menyediakan akuarium berukuran besar agar ikan dapat bergerak dengan bebas. Anda bisa menyediakan akuarium berukuran sekitar 1 hingga 1,2 meter agar Anda bisa memasukkan beberapa ekor ikan jenis ini.

Inilah Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memelihara Ikan Oscar

Selain ukuran akuarium, Anda juga harus memperhatikan kualitas air yang ada di dalam akuarium tersebut. Ikan yang satu ini memiliki habitat asli dengan air yang sangat tenang. Sehingga Anda juga harus mengkondisikan air yang ada dalam akuarium cukup banyak agar ikan tidak terlalu terganggu dengan gelombang air saat bergerak.

Suhu air juga sangat penting dalam proses perawatan ikan yang satu ini. Anda harus mengkondisikan air tetap berada dalam suhu antara 72 hingga 82 derajat Fahrenheit serta memiliki akses oksigen yang sehat. Jenis pakan yang disarankan juga berupa pakan hidup seperti udang atau anak ikan mas.

Memperhatikan cara perawatan yang tepat bisa membuat ikan Oscar yang Anda pelihara tumbuh dengan sehat. Saat hewan peliharaan Anda sehat, maka hal ini bisa membuat Anda lebih bahagia selama memeliharanya.