Auto Draft

Inilah Daftar Berbagai Jenis Monitor yang Pernah Digunakan

Posted on

Penggunaan komputer PC atau desktop tentu saja sudah menjadi kebutuhan yang tidak lagi dapat dipisahkan dari kehidupan kita, terutamanya di perkantoran dan sekolah. Dalam sebuah komputer desktop tentu monitor adalah sebuah perangkat keras yang mempunyai peranan yang sangat penting.

Monitor merupakan sebuah perangkat keras yang dapat memvisualisasikan data yang telah diproses oleh CPU dan merupakan sebuah perangkat yang dapat menghubungkan antara manusia dengan komputer itu sendiri dengan visualisasi.

Ya, memang kita mengetahui bahwa perkembangan teknologi yang digunakan pada monitor memang tidak secepat perkembangan teknologi pada CPU, smartphone, dan juga jenis perangkat keras lainnya.

Tetap, seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan dari monitor sangat menarik. Hal tersebut karena monitor selalu hadir dengan berbagai macam kejutan jika ada teknologi yang baru. Selain itu, pada saat ini teknologi yang ada di dalam monitor yang biasanya digunakan untuk PC dapat juga digunakan untuk smart TV.

Auto Draft

Oke, langsung saja nih kita akan membahas tentang berbagai macam monitor yang biasanya digunakan di dalam sebuah komputer desktop.

1. CRT

CRT merupakan singkatan daripada cathode ray tube. Ya sesuai dengan namanya, jenis monitor yang satu ini adalah monitor tabung yang populer di generasi komputer tahun 80an sampai tahun 2000 an.

Memang monitor jenis ini adalah monitor nenek moyang dan merupakan jenis monitor pertama yang dikenal oleh banyak orang pada saat pertama kali perilisannya ke pasaran.

Karena monitor ini masih menggunakan tabung di dalamnya, sehingga bentuk dari monitor ini mempunyai ukuran yang sangat besar dan seperti kardus kotak.

Di dalam tabung yang digunakan pada monitor ini ada sinar katod dan juga elektron. Sinar katod yang ada ini nantinya akan dipancarkan dengan kecepatan yang sangat tinggi dan akan menghasilkan output berupa pantulan elektron yang akan membentuk pola di layar.

Kemudian sinar katoda ini akan terus dipantulkan ke layar monitor dan bekerja sesuai dengan input yang ada. Hal tersebut merupakan hasil konversi dari digital ke gelombang elektromagnetik.

Jika kamu ingin mengetahui berbagai macam informasi yang berhubungan dengan teknologi dan juga game terutama yang berhubungan dengan monitor, kamu bisa nih buka artikel yang ada di situs Tekno Zone. Ya, pada saat ini memang teknozone.id adalah sebuah situs teknologi yang paling up to date.

2. LCD

Jenis layar yang selanjutnya adalah LCD yang merupakan kependekan dari liquid crystal display. Ya sesuai dengan namanya monitor jenis ini menggunakan cairan kristal di dalamnya.

Perlu kamu ketahui bahwa cairan kristal yang ada di dalam monitor LCD ini tidak bisa memancarkan cahaya sendiri. Pada bagian belakang susunan dari cairan kristal ada sebuah lampu neon berwarna putih yang akan memberikan cahaya kepada cairan kristal tersebut.

Bertemunya antara cahaya dan juga cairan kristal ini tentu saja akan berdampak pada kemunculan titik cahaya atau yang biasa disebut dengan piksel yang pada akhirnya akan bisa menampilkan sebuah gambar.

3. TFT

Jenis monitor komputer desktop yang selanjutnya adalah TFT yang merupakan singkatan dari thin film transistor. Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya jenis monitor ini adalah hasil pengembangan dari jenis monitor TFT.

Ya, pada monitor ini dapat menghasilkan resolusi yang lebih tinggi dan juga lebih memadai jika dibandingkan dengan resolusi yang dihasilkan oleh jenis monitor LCD.

Teknologi yang digunakan pada jenis monitor TFT adalah aplikasi transistor untuk setiap piksel layar. Dengan menggunakan teknologi ini, tentu saja monitor TFT dapat melakukan pencahayaan gambar yang lebih besar jika dibandingkan dengan monitor LCD.