Auto Draft

Hal Yang Harus diperhatikan Untuk Memilih Tempat Sampah Yang Ideal

Posted on

Fungsi utama dari adanya tempat sampah outdoor ialah sebagai tempat penampungan supaya sampah tidak membuat rumah menjadi kotor. Tanpa kita sadari hal ini sering menjadi panduan saat memilih tempat sampah sehingga kurang menaruh perhatian kepada hal lainnya.

Padahal ternyata masih banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli tempat sampah dari jual tempat sampah di pasar pramuka. Mengingat kehadirannya yang sangat penting untuk terwujudnya rumah yang bersih.

Berikut hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih tempat sampah :

1. Tempat peletakan

Auto Draft

Sebelum membeli tempat sampah, pastikan kalau sudah mengetahui dimana akan meletakkan tempat sampah tersebut. Hal ini karena tempat peletakan akan mempengaruhi jenis tempat sampah apa yang dibutuhkan.

Jika ingin meletakkan tempat sampah di dalam rumah seperti area dapur, usahakan untuk membeli jenis tempat sampah yang memiliki tutup karena biasanya sampah yang dihasilkan dari dapur bersifat basah dan mudah mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Lain halnya jika tempat sampah ingin diletakkan di dekat meja rias, memilih tempat sampah yang tidak memiliki tutup pun tidak masalah, karena biasanya hanya berisi sampah tissue.

2. Kapasitas serta fitur yang tersedia

Selain dilihat berdasarkan jenisnya, kapasitas tampung yang dimiliki tempat sampah pun harus diperhatikan. Kapasitas besar memungkinkan kamu untuk tidak melakukan pembersihan berulang-ulang dalam sehari.

Disamping itu, fitur yang tersedia pada tempat sampah pun bisa menjadi pertimbangan. Saat ini banyak sekali inovasi tempat sampah yang ditawarkan jual tempat sampah di pasar pramuka yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Inovasi tempat sampah ini semakin mudah untuk digunakan karena dilengkapi dengan fitur pedal yang membuat kamu tidak perlu membuka bagian tutup tempat sampah secara manual. Jadi hanya perlu menginjaknya dengan kaki, tempat sampah akan terbuka dengan sendirinya.

3. Bahan pembuatan tempat sampah

Hal yang tidak kalah penting harus diperhatikan sebelum memilih tempat sampah ialah bahan dasar yang digunakan untuk proses pembuatannya. Terutama untuk tempat sampah yang akan diletakkan pada bagian rumah yang terpapar langsung oleh sinar matahari. Hal ini dikarenakan bahan dasar pembuatan dan letak tempat sampah akan mempengaruhi daya tahan dari tempat sampah yang dibeli.

Nah itu dia, 3 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli tempat sampah. Jangan sampai melewatkannya, karena kamu tentu tidak ingin tempat sampah yang dibeli cepat rusak bukan?

Kesadaran dalam membuang sampah pada tempatnya bisa dimulai dari diri sendiri. Salah satunya dengan menyiapkan tempat sampah di rumah, supaya kita terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

Banyak sekali masyarakat yang masih kurang kesadarannya dalam menjaga lingkungan. Tentu selain pemerintah harus melakukan penyuluhan tentang pengelolaan sampah yang baik, dan memberikan informasi tentang dampak negatif dari sampah untuk masyarakat serta lingkungan. Sehingga setiap anggota masyarakat dimulai dari keluarga sendiri bisa menyadari bahaya sampah jika terus bertambah dan tidak diolah dengan baik.

Kita juga bisa menggunakan sampah yang ada untuk digunakan kembali seperti sampah kaleng minum alumunium, botol, botol kaca, majalah, dan kardus. Nah, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kamu yang akan membeli tempat sampah yang ideal untuk kebutuhan sehari-hari.

Kalau bisa kamu juga bisa memisahkan sampah organik dan anorganik supaya lebih mudah saat pemilahan pengambilan sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir.