Alat Permainan Edukatif Dari Bahan Alam

Alat Permainan Edukatif Dari Bahan Alam

Posted on

Di zaman sekarang pendidikan merupakan salah satu hal yang wajib bagi anak anak untuk mengembangkan pola pikir mereka. Di Indonesia sendiri pendidikan dimulai dari paud atau TK.

Namun selain itu juga orang tua harus juga mendidik anak untuk hal yang lainnya. misalnya mengajarkan tentang hal yang buruk dan baik, mengajarkan tentang cara memakai baju yang benar dan lain lain.

Karena peran orang tua juga salah satu faktor penting untuk membentuk karakter anak dan juga orang tua di anggap anak sebagai salah satu contoh bagi mereka yang patut ditiru. Maka dari itu usahakan kita sebagai orang tua harus selalu menjaga perilaku kita dan tutur kata di depan anak.

Sehingga anak dapat mencontoh yang baik dari kita. Nah selain itu kamu juga bisa mendidik anak dengan permainan yang edukatif dari bahan alam. Kenapa harus pakai bahan alam, karena bahan alam sendiri mudah didapatkan danĀ alami sehingga tidak berbahaya bagi anak itu sendiri.

Disini saya akan menjelaskan mengenai beberapa alat permainan edukatif yang terbuat dari bahan alam yang dapat kamu temukan di lingkungan sekitarmu.

Alat Permainan Edukatif Dari Bahan Alam

Langsung saja yuk alat permainan edukatif apa saja sih yang bisa kamu buat di rumah ataupun sekolah.

Beberapa Alat Permainan Edukatif dari Bahan Alam

  1. Permainan edukatif dari bahan alam pasir dan sisa kulit kerang

Nah yang pertama yaitu kamu bisa memanfaatkan bahan alam pasir atau kerang. Kamu bisa membuat permainan edukatif dengan membuat kerajinan ataupun hiasan. Ataupun menggunakan kulit kerang untuk metode berhitung dan perkalian.

2. Permainan edukatif dari bahan alam bambu

Selain kerang kamu juga bisa memanfaatkan bahan alam seperti bambu, hiasan bambu dibuat sebagai permain untuk menyusun bangunan ataupun dibuat sebagai alat musik.

Sehingga kamu bisa mengenalkan cara membuat alat musik dari bambu dan juga manfaat tumbuhan bambu yang tentunya sangat berguna bagi kita untuk kehidupan.

3. Permainan edukatif dari bahan alam batu batuan

Batu sendiri juga dapat kita pakai untuk alat permainan edukatif yaitu dengan cara menyusun batu secara berurutan kemudian anak anak disuruh untuk menghitung jumlahnya.

Biasanya yang dipakai merupakan batu berukuran kecil. Nah kamu bisa memanfaatkan bahan alam batu sebagai permainan edukatif untuk menghitung, penjumlahan dan perkalian.

4. Permainan edukatif dari bahan alam dedaunan

Yang terakhir kamu bisa menggunakan bahan alam dedaunan yang ada di sekitar lingkunganmu. Kamu bisa membuat permainan edukatif dari daun untuk membuat kerajinan topi, menggambar di daun selain itu juga bisa digunakan untuk mengukur lebar dan panjang daun tersebut dan sebagainya.

Nah itu dia penjelasan singkat saya mengenai beberapa alat permainan edukatif yang terbuat dari bahan alam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya.