7 Tips Memilih Jurusan Kuliah

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Posted on

Bagi mahasiswa yang ingin memasuki bangku kuliah, memilih jurusan merupakan salah satu hal yang paling penting untuk dilakukan. Dalam memilih jurusan sekilas terlihat mudah, ditambah lagi dengan banyaknya jurusan yang ditawarkan oleh universitas yang akan Anda masuki. 

Namun justru hal inilah yang kenyataannya ternyata memilih jurusan kuliah cukuplah sulit. Selain itu ada banyaknya masukan dan juga tekanan dari orang disekitar Anda yang malah menambah Anda merasa kebingungan, sehingga membuat Anda tidak tahu jurusan apa yang paling tepat untuk dipilih.

Supaya hal ini tidak terjadi pada Anda, dan tidak akan menimbulkan penyesalan di kemudian hari, berikut tips memilih jurusan kuliah.

Mengetahui Jurusan yang Diminati

Agar memudahkan dalam menentukan pilihan, baiknya Anda mengetahui bidang yang paling diminati. Anda dapat menyesuaikan dengan keahlian dan jati diri yang tersimpan sehingga Anda dapat memilih jurusan yang pas. Dengan memilih sesuai dengan yang diminati, Anda akan menikmati setiap prosesnya. 

Memilih Kampus yang Mempunyai Akreditasi Baik 

7 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Ada banyak universitas yang menyediakan jurusan yang Anda minati, namun tentu saja harus memilih salah satu universitas terbaik. Saat memilihnya perhatikan akreditasi dari universitas tersebut.

Akreditasi akan mempengaruhi dalam dunia kerja. Mahasiswa dengan lulusan dari universitas akreditasi yang baik akan lebih mudah diterima di perusahaan. Bahkan tidak jarang adanya beberapa perusahaan yang menentukan standar akreditasi saat melamar kerja, misalnya akreditasi B. 

Mencari Jurusan yang Memiliki Prospek yang Baik

Untuk dapat memilih jurusan kuliah yang tepat akan cukup banyak menyita waktu. Dengan prosesnya yang panjang dan tidak mudah tersebut Anda harus memilih satu jurusan terbaik yang mempunyai prospek kerja yang bagus kedepannya yang akan menambah perkembangan karir Anda kedepannya. 

Mengikuti Kata Hati

Dalam proses pemilihan jurusan ini, orang di sekitar Anda, salah satunya orang tua, akan ikut campur dalam prosesnya. Namun Anda tidak boleh memilih jurusan dengan alasan ingin menyenangkan orang tua. Bisa jadi nantinya Anda tidak merasa nyaman untuk mengikuti perkuliahan. 

Anda dapat belajar untuk memutuskan keputusan sendiri, dan mendengarkan kata hati supaya tidak salah dalam memilih jurusan.

Memanfaatkan Internet untuk Mendapatkan Informasi

Anda dapat mencoba mencari informasi lebih lengkap mengenai jurusan yang diminati dengan memanfaatkan teknologi internet. Dengan informasi yang tersedia di internet Anda akan mendapatkan gambaran mengenai materi perkuliahan yang akan dipelajari. Anda dapat mengunjungi goKampus.com untuk dapat mencari informasi terkait perkuliahan. 

Menjauhkan Kebiasaan ikut-ikutan

Anda sebaiknya menghindari memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan dan apalagi dengan motivasi karena gengsi. Anda harus ingat jika jurusan yang Anda ambil saat kuliah merupakan salah satu syarat administrasi saat bekerja. 

Jika jurusan Anda tidak sesuai kualifikasi, Anda akan gagal dalam tahap administrasi, sehingga perlunya mempunyai pendirian yang kuat agar tidak terpengaruh.

Meyakinkan Diri Sebelum Dimulai Perkuliahan 

Hal terakhir yang juga harus dipersiapkan adalah sebelum memasuki perkuliahan pastikan untuk siap menjalani apapun yang akan terjadi dengan pilihan jurusan yang Anda pilih. Jangan sampai Anda keluar dan beralih ke jurusan lain setelah beberapa semester yang hanya akan membuang-buang waktu tenaga dan uang.

Jika Anda merasa belum yakin untuk membuat keputusan lebih baik anda menenangkan pikiran terlebih dahulu dan sisihkan waktu untuk bertanya kembali pada diri sendiri Jurusan apa yang ingin Anda pilih agar tidak terjadi penyesalan 

Itu dia beberapa tips memilih jurusan kuliah semoga dapat membantu Anda untuk membuat keputusan dalam memilih jurusan dengan baik.