Auto Draft

3 Cara Melihat Password Gmail Sendiri di HP Android

Posted on

Nama Gmail pasti sudah tak asing lagi bagi para pengguna smartphone android, pasalnya layanan email besutan google ini menjadi syarat wajib bagi pengguna android yang ingin menggunakan produk google, seperti playstore, google drive dan produk lainnya.

Sebagai manusia, banyak pengguna android lupa terhadap password atau sandi akun Gmail yang mereka miliki. Jika kamu mengalami hal tersebut, jangan buru-buru untuk menggantinya. pasalnya kamu bisa mengetahui password Gmail yang kamu miliki tanpa mereset ulang.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 3 cara melihat password gmail sendiri yang bisa dilakukan di perangkat android, PC atau laptop. demi keakuratan informasi, tutorial di bawah ini sudah saya coba sendiri dan terbukti berhasil.

Auto Draft

Yuk simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Melihat Password Gmail di HP Android

  1. Buka pengaturan smartphone
  2. Pilih menu akun > google, lalu pilih akun google yang ingin kamu lihat passwordnya
  3. Kelola akun google anda
  4. Geser ke kanan, pilih menu keamanan
  5. Geser terus ke bawah, pilih pengelola sandi
  6. Ketik google, pilih google.com
  7. Konfirmasi pola/PIN sandi
  8. Tara, maka akan terlihat password beberapa akun gmail yang ada di smartphone kamu  

2. Mengetahui Password Email Gmail Melalui Aplikasi Browser PC

  1. Buka aplikasi browser yang biasa kamu pakai (disini saya pakai chrome).
  2. Masuk ke settings/pengaturan, lalu ketik passwords atau sandi untuk bahasa indonesia.
  3. Kemudian pilih menu passwords, maka akan tampil daftar akun email, facebook, twitter dan data akun lain yang tersimpan di browser kamu.
  4. Pada kolom pencarian ketik google, maka akan muncul daftar akun email google yang tersimpan. Jika tidak ada, berarti kamu tidak pernah pakai browser di PC untuk log in email google.
  5. Untuk mengetahui password, klik ikon mata. Biasanya kamu akan di minta untuk memasukkan kata sandi PC atau laptop yang kamu gunakan.
  6. Selesai, itulah password akun Gmail yang tersimpan di browser PC atau laptop yang kamu gunakan.

3. Melihat password Gmail Melalui Aplikasi Browser di Android

  1. Buka aplikasi browser yang pernah kamu pakai untuk log in email, pergi ke setelan.
  2. Lalu pilih sandi atau passwords jika pakai bahasa inggris.
  3. Maka akan tampil data beberapa akun email, facebook dan akun lain yang tersimpan.
  4. Gunakan kolom pencarian, lalu ketik google. Maka akan tampil akun email google yang kamu miliki. Jika tidak ada, berarti kamu tidak pernah pakai browser tersebut untuk log in email.
  5. Pilih salah satu akun gmail yang ingin kamu lihat datanya, tap ikon mata untuk melihat password yang tersimpan di browser tersebut.

Bagi kamu yang sudah mengikuti tutorial di atas, tapi masih tidak bisa melihat sandi atau password akun email gmail. kemungkinan disebabkan oleh beberapa hal berikut yang saya kutip dari situs Hpsaja.

Yang pertama, kamu tidak Pernah Menyetujui Penyimpanan Password. Kelalaian yang sering dilakukan oleh pengguna gadget biasanya lupa, bahkan mengabaikan notifikasi pop-up dari aplikasi aplikasi browser (google chrome, opera, dll) yang menawarkan untuk menyimpan sandi.

Biasanya saat log in email menggunakan aplikasi browser, maka akan muncul notifikasi untuk menyimpan kata sandi atau tidak. Jika kamu tidak pernah menyetujui, maka dapat dipastikan kamu tidak akan bisa melihat password akun gmail tersebut.

Jadikan sebagai pelajaran, Jika aplikasi browser meminta untuk menyimpan sandi, setujui saja. asalkan kamu tidak memakai smartphone atau PC orang lain. dengan begitu kamu bisa mengetahui password gmail ketika lupa, tanpa menggantinya.

Agar browser google chrome bisa menyimpan sandi (muncul notifikasi penyimpanan sandi), kamu harus mengeluarkan akun Gmail tersebut di sistem android, baru masuk lagi melalui aplikasi browser chrome, sudah saya coba dan berhasil.

Yang kedua, biasanya kamu tidak pernah Log in di Aplikasi Browser. Beberapa pengguna android biasanya hanya log in email google menggunakan aplikasi Gmail bawaan saja. Tidak masalah sih, namun cukup merepotkan ketika lupa password.

Karena setahu saya, Aplikasi Gmail tidak memiliki fitur penyimpanan sandi, fitur tersebut hanya ada pada aplikasi browser seperti google chrome, mozilla, opera dan lainnya.